Tips Membangun Situs Web Dengan ChatGPT

Diposting pada

Jika Anda tidak memiliki akun untuk mencoba AI, Anda dapat mengunjungi situs web OpenAI untuk memulai. Dari sana, Anda akan diminta untuk mulai mengobrol dengan bot.

Pengetahuan Terbatas tentang Waktu Sekarang

Seperti yang dikatakan di halaman obrolan utama, AI memiliki “Pengetahuan terbatas tentang dunia dan peristiwa setelah tahun 2021.” Jadi, ia tidak akan dapat memberi tahu Anda ramalan cuaca, atau membuat prediksi tentang peristiwa apa pun saat ini atau yang akan datang.

Misalnya, pertanyaan, “Apa yang ada di versi baru WordPress?” tidak akan memberikan hasil yang dapat digunakan.

Tips Membangun Situs Web Dengan ChatGPT

Tanyakan Saja, Tapi Jangan Mengharapkan Kesempurnaan

Beberapa hasil yang akan Anda dapatkan dari ChatGPT sangat bagus, tetapi sebagian besar akan membutuhkan beberapa penyesuaian. Ingat, ini adalah perangkat lunak, bukan sihir. AI ini masih baru, dan akan terus berkembang selama bertahun-tahun. Untuk saat ini, ambil setiap hasil dengan sebutir garam dan jangan mengharapkan keajaiban.

Baca Juga:  Apa yang dimaksud dengan Reseller Hosting?

Jika Anda menggunakan chatbot untuk menghasilkan kode untuk situs Anda, Anda tidak memiliki jaminan bahwa kode tersebut akan berfungsi sebagaimana mestinya. Pengujian yang ketat masih merupakan persyaratan.

Tips Membangun Situs Web Dengan ChatGPT

Usahakan Agar Kode Anda Tetap Modular

Output ChatGPT akan berhenti sendiri jika tumbuh terlalu besar. Jadi, jangan meminta AI untuk seluruh aplikasi.

Sebagai contoh, jika Anda membangun tema WordPress, Anda dapat meminta sampel kode untuk area widget, dan ini akan disediakan dengan mudah. Anda juga bisa meminta kode untuk membuat kolom komentar.

Selain itu, keluaran kode akan bersifat umum. Definisi fungsi akan diberi nama sembarang berdasarkan masukan Anda. Sebaiknya buatlah sespesifik mungkin dan sesuaikan contoh kode Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Contoh Nyata

Saya meminta AI untuk membantu saya menulis plugin WordPress yang dapat mengidentifikasi postingan lama yang mungkin membutuhkan pembaruan. Ini akan membantu seorang blogger memeriksa apakah postingan lama harus diperbarui atau dimodifikasi untuk mencerminkan informasi baru.

Plugin ini akan menelusuri postingan di database, mengurutkannya berdasarkan tanggal terakhir dimodifikasi, dan juga menghitung sudah berapa hari. Kemudian plugin akan menggabungkan semua informasi ini ke dalam sebuah tabel yang ditampilkan dalam sebuah metabox di area admin.

Baca Juga:  Cara Memulai Karir sebagai Web Developer dan Sukses di Dunia Digital

Baca Juga: Cara Melindungi Konten Situs Web Anda: Nonaktifkan Klik Kanan di WordPress

Hasilnya berfungsi, tetapi tidak seperti yang diharapkan. Ketika saya ingin menambahkan beberapa CSS kustom, AI tidak dapat menemukan dengan tepat di mana saya menginginkannya. Ini bisa jadi merupakan keterbatasan program, atau kegagalan saya untuk menggambarkan dengan tepat apa yang saya inginkan.

Namun demikian, saya mengubah sendiri keluaran kode untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

Voila, saya sekarang memiliki metabox di Dasbor yang menampilkan tabel postingan lama yang harus saya kembalikan dan perbarui:

Tips Membangun Situs Web Dengan ChatGPT

Anggaplah Hasil Penelitian Anda Sebagai Saran

Saat ini, ChatGPT adalah alat penelitian gratis. Alat ini tidak dapat menggantikan seorang pengembang langsung, kecuali jika Anda siap untuk melakukan banyak pekerjaan sendiri.

Untuk saat ini, yang terbaik adalah menganggap hasil yang Anda dapatkan sebagai saran untuk melihat bagaimana sesuatu dapat dilakukan.

Misalnya, Anda dapat meminta potongan kode dasar dan mendapatkan “contoh” bagaimana hasil yang Anda inginkan dapat dicapai.

Baca Juga: Apa Perbedaan Antara Hosting biasa dan WordPress Hosting?

Tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih spesifik, khusus, dan unik, Anda mungkin perlu terus mengulangi kode baru Anda secara mandiri atau menyewa pengembang untuk membawa proyek ke garis finish.

Baca Juga:  Apa itu Hosting SSD? Inilah Alasan Harus Pakai Hosting SSD untuk Website

Mengharapkan Penundaan

ChatGPT adalah alat yang sangat populer, tersedia untuk umum secara gratis saat ini. Jadi, ia cenderung sering mengalami down sepanjang hari karena volume yang tinggi. Jadi, meskipun Anda mungkin sudah terbiasa dengan apotik kode yang praktis ini, Anda mungkin masih perlu melakukan sebagian besar pekerjaan Anda secara mandiri.

Jika Anda memiliki situs WordPress, kami sarankan untuk melanjutkan ke panduan kami tentang Cara Membuat Postingan WordPress Secara Otomatis Dengan ChatGPT.

5/5 - (1 vote)