Panduan Lengkap: Pengertian Iman Kepada Malaikat dalam Islam

Diposting pada

Panduan Lengkap: Pengertian Iman Kepada Malaikat dalam Islam


Pengertian Iman kepada Malaikat adalah kepercayaan kepada keberadaan makhluk ciptaan Allah yang memiliki tugas khusus dalam menjalankan perintah-Nya. Malaikat diciptakan dari cahaya dan tidak memiliki hawa nafsu seperti manusia.


Pentingnya Iman kepada Malaikat

  • Memperkuat keimanan kepada Allah SWT
  • Menambah rasa syukur atas ciptaan Allah SWT
  • Menjadi pengingat bahwa manusia selalu diawasi oleh makhluk Allah SWT


Transisi ke Topik Utama ArtikelIman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman dalam agama Islam. Untuk mendalami lebih lanjut tentang malaikat, berikut beberapa topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini:

  • Jenis-jenis malaikat
  • Tugas dan peran malaikat
  • Hikmah beriman kepada malaikat

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Iman kepada malaikat adalah salah satu rukun iman dalam agama Islam. Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang memiliki tugas khusus dalam menjalankan perintah-Nya. Berikut adalah 8 aspek penting terkait pengertian iman kepada malaikat:

  • Wujud: Malaikat diciptakan dari cahaya dan tidak memiliki wujud fisik seperti manusia.
  • Tugas: Tugas utama malaikat adalah menyampaikan wahyu, mencabut nyawa, dan mencatat amal perbuatan manusia.
  • Jenis: Ada berbagai jenis malaikat, di antaranya Jibril, Mikail, Israfil, dan Izrail.
  • Ketaatan: Malaikat selalu taat kepada perintah Allah dan tidak pernah membangkang.
  • Kekuatan: Malaikat memiliki kekuatan yang luar biasa, jauh melebihi kekuatan manusia.
  • Kecepatan: Malaikat dapat bergerak dengan sangat cepat, bahkan dapat menempuh jarak yang sangat jauh dalam waktu singkat.
  • Pengawasan: Malaikat selalu mengawasi perbuatan manusia, baik yang baik maupun yang buruk.
  • Pertolongan: Malaikat dapat memberikan pertolongan kepada manusia yang beriman dan bertawakal kepada Allah.

Dengan memahami aspek-aspek penting tersebut, kita dapat semakin meningkatkan iman kita kepada malaikat. Iman kepada malaikat bukan hanya sekadar percaya akan keberadaan mereka, tetapi juga meyakini tugas dan peran mereka dalam kehidupan manusia. Dengan beriman kepada malaikat, kita akan semakin merasa diawasi dan dilindungi oleh Allah SWT.

Wujud

Aspek wujud malaikat memiliki keterkaitan erat dengan pengertian iman kepada malaikat. Karena malaikat tidak memiliki wujud fisik seperti manusia, maka kita tidak dapat melihat atau menyentuh mereka. Hal ini dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang untuk meyakini keberadaan malaikat.

  • Peran Wujud Malaikat dalam Iman

    Meskipun kita tidak dapat melihat malaikat, keberadaan mereka dapat dirasakan melalui tanda-tanda dan pengaruhnya dalam kehidupan kita. Misalnya, ketika kita merasa dilindungi atau dibimbing, bisa jadi itu adalah pertolongan dari malaikat. Dengan memahami bahwa malaikat diciptakan dari cahaya dan tidak memiliki wujud fisik, kita dapat menguatkan iman kita kepada mereka dan percaya bahwa mereka selalu hadir di sekitar kita, meskipun kita tidak dapat melihatnya.

  • Implikasi Filosofis

    Wujud malaikat yang tidak terlihat juga memiliki implikasi filosofis. Hal ini menantang pandangan materialistik yang hanya mengakui keberadaan benda-benda yang dapat dilihat dan disentuh. Kepercayaan kepada malaikat menunjukkan bahwa ada realitas lain di luar dunia fisik yang kita alami.

  • Hikmah Beriman kepada Wujud Malaikat

    Beriman kepada wujud malaikat dapat memberikan hikmah bagi kita. Pertama, hal ini dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas ciptaan-Nya yang luar biasa. Kedua, dapat memperkuat keyakinan kita bahwa kita tidak sendirian di dunia ini dan selalu ada yang menjaga kita.

Dengan demikian, aspek wujud malaikat yang diciptakan dari cahaya dan tidak memiliki wujud fisik seperti manusia merupakan bagian penting dari pengertian iman kepada malaikat. Hal ini tidak hanya terkait dengan kepercayaan kepada keberadaan mereka, tetapi juga memiliki implikasi filosofis dan hikmah yang dapat meningkatkan keimanan kita.

Tugas

Hubungan antara tugas malaikat dengan pengertian iman kepada malaikat sangat erat. Tugas-tugas tersebut merupakan bagian integral dari peran malaikat sebagai makhluk yang diciptakan Allah SWT untuk menjalankan perintah-Nya.

Pertama, tugas malaikat dalam menyampaikan wahyu menunjukkan bahwa mereka adalah perantara antara Allah SWT dan manusia. Wahyu yang disampaikan oleh malaikat berisi perintah, larangan, dan petunjuk yang menjadi dasar bagi manusia dalam menjalani hidupnya. Dengan memahami tugas ini, kita dapat semakin mengimani bahwa Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan petunjuk kepada hamba-Nya melalui perantara malaikat.

Kedua, tugas malaikat dalam mencabut nyawa menunjukkan bahwa mereka memiliki otoritas atas kehidupan dan kematian manusia. Malaikat maut (Izrail) bertugas untuk mengambil nyawa setiap makhluk hidup sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Dengan memahami tugas ini, kita dapat semakin menyadari bahwa kematian adalah sesuatu yang pasti dan kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan iman dan amal saleh.

Ketiga, tugas malaikat dalam mencatat amal perbuatan manusia menunjukkan bahwa mereka adalah saksi atas segala perbuatan kita, baik yang baik maupun yang buruk. Malaikat Raqib dan Atid bertugas untuk mencatat setiap amal perbuatan manusia, yang nantinya akan menjadi bahan pertanggungjawaban di akhirat. Dengan memahami tugas ini, kita dapat semakin berhati-hati dalam bertindak dan berucap, karena setiap perbuatan kita akan dipertanggungjawabkan.

Baca Juga:  Memahami Perubahan Sosial: Pengertian dan Implikasinya

Secara praktis, memahami tugas-tugas malaikat dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan kita. Pertama, dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan, termasuk nikmat iman dan Islam. Kedua, dapat meningkatkan kesadaran kita untuk selalu berbuat baik dan menghindari perbuatan buruk, karena setiap perbuatan kita akan dicatat oleh malaikat. Ketiga, dapat memberikan ketenangan hati ketika menghadapi kematian, karena kita yakin bahwa kematian adalah bagian dari rencana Allah SWT dan kita akan mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita di hadapan-Nya.

Jenis

Hubungan antara jenis-jenis malaikat dengan pengertian iman kepada malaikat sangat erat. Jenis-jenis malaikat menunjukkan keragaman tugas dan peran malaikat dalam menjalankan perintah Allah SWT. Dengan memahami jenis-jenis malaikat, kita dapat semakin mengimani keberadaan dan kekuasaan Allah SWT.

Setiap jenis malaikat memiliki tugas khusus yang menunjukkan kebijaksanaan dan pengaturan Allah SWT. Misalnya, malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para nabi, malaikat Mikail bertugas mengatur rezeki dan hujan, malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala pada hari kiamat, dan malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa manusia. Dengan memahami tugas-tugas khusus ini, kita dapat semakin yakin bahwa Allah SWT mengatur segala urusan di alam semesta dengan sangat baik.

Selain itu, memahami jenis-jenis malaikat juga dapat memberikan ketenangan hati bagi kita. Kita mengetahui bahwa ada malaikat yang selalu melindungi dan menjaga kita, seperti malaikat Raqib dan Atid yang mencatat amal perbuatan kita. Kita juga mengetahui bahwa ada malaikat yang bertugas mendoakan kita, seperti malaikat Israfel yang mendoakan orang-orang yang berpuasa.

Dengan demikian, memahami jenis-jenis malaikat merupakan bagian penting dari pengertian iman kepada malaikat. Hal ini dapat meningkatkan keyakinan kita kepada Allah SWT, memberikan ketenangan hati, dan mendorong kita untuk selalu berbuat baik karena kita selalu diawasi oleh malaikat.

Ketaatan

Ketaatan malaikat kepada perintah Allah merupakan aspek penting dalam pengertian iman kepada malaikat. Hal ini menunjukkan bahwa malaikat adalah makhluk yang sempurna dan selalu menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

  • Peran Ketaatan Malaikat
    Ketaatan malaikat menjadi landasan dalam menjalankan tugasnya sebagai pembawa wahyu, pencabut nyawa, dan pencatat amal perbuatan manusia. Dengan ketaatannya, malaikat memastikan bahwa semua perintah Allah dilaksanakan dengan tepat dan sesuai dengan kehendak-Nya.
  • Contoh Ketaatan Malaikat
    Salah satu contoh ketaatan malaikat adalah ketika malaikat Jibril menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Malaikat Jibril selalu menyampaikan wahyu secara tepat dan tidak pernah mengubah atau menambah-nambahi sedikit pun isi wahyu tersebut.
  • Implikasi Ketaatan Malaikat bagi Iman
    Ketaatan malaikat kepada perintah Allah memberikan implikasi yang mendalam bagi iman manusia. Pertama, hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Berkuasa dan segala perintah-Nya harus dipatuhi. Kedua, ketaatan malaikat menjadi teladan bagi manusia untuk selalu taat kepada perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Dengan demikian, ketaatan malaikat kepada perintah Allah merupakan aspek krusial dalam pengertian iman kepada malaikat. Hal ini menunjukkan kesempurnaan malaikat dalam menjalankan tugasnya, menjadi bukti kekuasaan Allah SWT, dan menjadi teladan bagi manusia untuk selalu taat kepada perintah Allah.

Kekuatan

Kekuatan malaikat merupakan aspek penting dalam pengertian iman kepada malaikat. Kekuatan luar biasa yang dimiliki malaikat menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, yang menciptakan makhluk dengan kemampuan jauh melampaui manusia.

Kekuatan malaikat dapat dilihat dalam berbagai tugas yang mereka emban. Misalnya, malaikat Jibril memiliki kekuatan untuk melakukan perjalanan jauh dalam waktu singkat ketika menyampaikan wahyu kepada para nabi. Malaikat Mikail memiliki kekuatan untuk mengatur rezeki dan hujan, menunjukkan kontrol Allah SWT atas alam semesta. Malaikat Israfil memiliki kekuatan untuk meniup sangkakala pada hari kiamat, menandai berakhirnya dunia.

Dengan memahami kekuatan malaikat, kita dapat semakin yakin akan kekuasaan Allah SWT. Kita menyadari bahwa segala sesuatu di alam semesta ini berada di bawah kendali-Nya. Kekuatan malaikat juga menjadi pengingat bahwa sebagai manusia, kita memiliki keterbatasan dan membutuhkan pertolongan Allah SWT dalam menjalani kehidupan.

Selain itu, memahami kekuatan malaikat dapat memberikan ketenangan hati bagi kita. Kita mengetahui bahwa ada makhluk-makhluk Allah SWT yang selalu siap membantu dan melindungi kita. Malaikat selalu taat kepada perintah Allah SWT, sehingga kita dapat yakin bahwa mereka akan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

Kecepatan

Kecepatan malaikat merupakan salah satu aspek penting dalam pengertian iman kepada malaikat. Kecepatan luar biasa yang dimiliki malaikat menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, yang menciptakan makhluk dengan kemampuan jauh melampaui manusia.

Baca Juga:  Pengertian Energi Terbarukan: Energi Bersih untuk Masa Depan

  • Peran Kecepatan Malaikat

    Kecepatan malaikat memungkinkan mereka untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan efektif dan efisien. Misalnya, malaikat Jibril dapat menyampaikan wahyu kepada para nabi di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Malaikat Mikail dapat mengatur rezeki dan hujan di seluruh dunia dengan cepat dan tepat.

  • Contoh Kecepatan Malaikat

    Salah satu contoh kecepatan malaikat adalah ketika malaikat Jibril melakukan perjalanan dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha dan kembali lagi dalam waktu yang sangat singkat, sebagaimana disebutkan dalam kisah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

  • Implikasi Kecepatan Malaikat bagi Iman

    Kecepatan malaikat memberikan implikasi yang mendalam bagi iman manusia. Pertama, hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT memiliki kekuasaan yang tidak terbatas dan dapat menciptakan makhluk dengan kemampuan luar biasa. Kedua, kecepatan malaikat menjadi pengingat bahwa segala sesuatu di alam semesta ini berada di bawah kendali Allah SWT dan dapat terjadi dengan sangat cepat sesuai dengan kehendak-Nya.

  • Hikmah Beriman kepada Kecepatan Malaikat

    Beriman kepada kecepatan malaikat dapat memberikan hikmah bagi kita. Pertama, hal ini dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala ciptaan-Nya yang luar biasa. Kedua, dapat memperkuat keyakinan kita bahwa Allah SWT selalu hadir dan dapat menolong kita dengan sangat cepat ketika kita membutuhkan pertolongan-Nya.

Dengan demikian, kecepatan malaikat merupakan aspek penting dalam pengertian iman kepada malaikat. Hal ini menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, menjadi pengingat akan kendali-Nya atas alam semesta, dan memberikan hikmah bagi kita untuk selalu bersyukur dan bertawakal kepada-Nya.

Pengawasan

Aspek pengawasan oleh malaikat merupakan bagian penting dari pengertian iman kepada malaikat. Pengawasan ini menunjukkan bahwa Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang kita lakukan dan tidak ada satupun perbuatan kita yang tersembunyi dari-Nya.

Pengawasan malaikat memiliki beberapa implikasi penting. Pertama, hal ini menunjukkan bahwa kita harus selalu berhati-hati dalam bertindak dan berkata, karena setiap perbuatan kita akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. Kedua, pengawasan malaikat memberikan motivasi bagi kita untuk selalu berbuat baik dan menghindari perbuatan buruk, karena kita tahu bahwa segala sesuatu yang kita lakukan akan dicatat dan menjadi bahan pertimbangan di akhirat kelak.

Ketiga, pengawasan malaikat memberikan ketenangan hati bagi kita. Kita mengetahui bahwa kita tidak sendirian dan selalu ada yang menjaga kita. Pengawasan malaikat juga menjadi pengingat bahwa Allah SWT selalu dekat dengan kita dan akan selalu menolong kita ketika kita membutuhkan pertolongan-Nya.

Dalam kehidupan sehari-hari, pemahaman tentang pengawasan malaikat dapat memberikan dampak yang positif. Kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan berkata, lebih termotivasi untuk berbuat baik, dan lebih tenang dalam menghadapi segala urusan karena kita tahu bahwa kita selalu diawasi oleh malaikat dan Allah SWT.

Pertolongan

Hubungan antara aspek pertolongan malaikat dengan pengertian iman kepada malaikat sangat erat. Aspek pertolongan menunjukkan bahwa malaikat tidak hanya diciptakan untuk menjalankan tugas-tugas tertentu, tetapi juga untuk membantu dan melindungi manusia yang beriman dan bertawakal kepada Allah SWT.

  • Peran Pertolongan Malaikat

    Malaikat dapat memberikan pertolongan kepada manusia dalam berbagai bentuk, seperti:

    • Melindungi manusia dari bahaya
    • Membantu manusia dalam mencapai tujuan baik
    • Memberikan ketenangan dan kekuatan pada saat-saat sulit
  • Contoh Pertolongan Malaikat

    Dalam sejarah Islam, terdapat banyak kisah tentang pertolongan malaikat kepada manusia yang beriman, seperti:

    • Pertolongan malaikat kepada Nabi Muhammad SAW dalam Perang Badar
    • Pertolongan malaikat kepada para sahabat Nabi dalam Perang Uhud
    • Pertolongan malaikat kepada kaum muslimin dalam peristiwa pembebasan kota Mekah
  • Implikasi Pertolongan Malaikat bagi Iman

    Aspek pertolongan malaikat memiliki implikasi yang mendalam bagi iman manusia, antara lain:

    • Meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala perlindungan dan pertolongan yang diberikan
    • Memperkuat keyakinan bahwa Allah SWT selalu dekat dengan hamba-Nya yang beriman dan bertawakal
    • Memberikan motivasi untuk selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan buruk, karena kita yakin bahwa malaikat akan selalu membantu kita dalam kebaikan

Dengan demikian, aspek pertolongan malaikat merupakan bagian penting dari pengertian iman kepada malaikat. Hal ini menunjukkan bahwa malaikat tidak hanya makhluk yang menjalankan tugas-tugas tertentu, tetapi juga sebagai penolong dan pelindung bagi manusia yang beriman dan bertawakal kepada Allah SWT.

Pertanyaan Umum tentang Pengertian Iman kepada Malaikat

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai pengertian iman kepada malaikat dalam agama Islam:

Pertanyaan 1: Apa itu malaikat?

Jawaban: Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya dan memiliki tugas khusus untuk menjalankan perintah-perintah-Nya.

Pertanyaan 2: Apa saja tugas malaikat?

Jawaban: Tugas malaikat sangat beragam, di antaranya menyampaikan wahyu, mencabut nyawa, mencatat amal perbuatan manusia, mengatur rezeki dan hujan, serta meniup sangkakala pada hari kiamat.

Baca Juga:  Pengertian Nasionalisme: Dasar Cinta Tanah Air dan Pembangunan Bangsa

Pertanyaan 3: Mengapa kita harus beriman kepada malaikat?

Jawaban: Beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman dalam Islam. Dengan beriman kepada malaikat, kita semakin yakin akan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, serta percaya bahwa kita selalu diawasi dan dilindungi oleh makhluk-makhluk ciptaan-Nya.

Pertanyaan 4: Apakah malaikat dapat dilihat oleh manusia?

Jawaban: Malaikat pada umumnya tidak dapat dilihat oleh manusia, karena mereka terbuat dari cahaya dan tidak memiliki wujud fisik seperti manusia. Namun, dalam beberapa kisah, ada beberapa malaikat yang menampakkan diri kepada manusia dalam wujud manusia.

Pertanyaan 5: Apakah malaikat memiliki kekuatan?

Jawaban: Ya, malaikat memiliki kekuatan yang sangat besar, jauh melebihi kekuatan manusia. Mereka dapat melakukan tugas-tugasnya dengan sangat cepat dan efisien, seperti menyampaikan wahyu atau mencabut nyawa.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara kita mendapatkan pertolongan dari malaikat?

Jawaban: Kita dapat mendapatkan pertolongan dari malaikat dengan cara beriman kepada mereka, bertawakal kepada Allah SWT, dan selalu berbuat baik. Malaikat akan selalu membantu dan melindungi orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Allah SWT.

Dengan memahami pertanyaan-pertanyaan umum ini, kita dapat semakin meningkatkan pemahaman kita tentang pengertian iman kepada malaikat dan memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT.

Transisi ke Bagian Artikel Berikutnya:

Setelah memahami pengertian iman kepada malaikat, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis-jenis malaikat dan tugas-tugasnya.

Tips Memahami Pengertian Iman kepada Malaikat

Untuk meningkatkan pemahaman tentang pengertian iman kepada malaikat, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Pelajari Sifat-sifat Malaikat

Pahami sifat-sifat malaikat, seperti diciptakan dari cahaya, tidak memiliki nafsu, dan selalu taat kepada perintah Allah SWT. Dengan memahami sifat-sifat tersebut, kita dapat menguatkan keyakinan bahwa malaikat adalah makhluk yang sempurna dan selalu menjalankan tugasnya dengan baik.

Tip 2: Dalami Tugas-tugas Malaikat

Pelajari berbagai tugas yang diemban oleh malaikat, seperti menyampaikan wahyu, mencabut nyawa, mencatat amal perbuatan, dan mengatur rezeki. Dengan mengetahui tugas-tugas tersebut, kita semakin yakin akan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, yang menciptakan makhluk dengan kemampuan luar biasa.

Tip 3: Renungkan Hikmah Beriman kepada Malaikat

Renungkan hikmah dan manfaat beriman kepada malaikat, seperti meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, memperkuat keyakinan bahwa kita selalu diawasi, dan memotivasi kita untuk selalu berbuat baik. Dengan memahami hikmah tersebut, kita semakin terdorong untuk memperkuat iman kepada malaikat.

Tip 4: Baca Kisah-kisah tentang Malaikat

Dalam Al-Qur’an dan hadits terdapat banyak kisah tentang malaikat. Membaca kisah-kisah tersebut dapat membantu kita untuk lebih memahami peran dan keberadaan malaikat dalam kehidupan manusia. Kisah-kisah tersebut juga dapat memperkuat keyakinan dan rasa cinta kita kepada malaikat.

Tip 5: Berdoa Mohon Pertolongan Malaikat

Berdoalah kepada Allah SWT untuk memohon pertolongan malaikat dalam kehidupan kita. Dengan berdoa, kita menunjukkan rasa percaya dan tawakal kepada Allah SWT, serta yakin bahwa malaikat akan selalu siap membantu orang-orang yang beriman dan bertawakal.

Kesimpulan

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kita dapat semakin meningkatkan pemahaman kita tentang pengertian iman kepada malaikat. Pemahaman yang baik tentang malaikat akan memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT, memotivasi kita untuk selalu berbuat baik, dan memberikan ketenangan hati karena kita yakin akan selalu dilindungi dan dibimbing oleh malaikat.

Kesimpulan

Iman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman dalam agama Islam yang wajib diyakini oleh setiap muslim. Memahami pengertian iman kepada malaikat sangat penting untuk memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT dan meningkatkan kualitas ibadah kita.

Dengan memahami sifat-sifat, tugas-tugas, dan hikmah beriman kepada malaikat, kita semakin yakin akan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, yang menciptakan makhluk yang sempurna dan selalu menjalankan perintah-Nya. Kita juga terdorong untuk selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan buruk, karena kita yakin bahwa malaikat selalu mengawasi dan mencatat segala amal perbuatan kita.

Selain itu, beriman kepada malaikat memberikan ketenangan hati karena kita yakin bahwa kita selalu dilindungi dan dibimbing oleh makhluk-makhluk ciptaan Allah SWT. Malaikat akan selalu membantu dan menolong orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Allah SWT.

Youtube Video:


Rate this post

Tinggalkan Balasan